COMPANY

Yamazaki Baking Co., Ltd., didirikan di Jepang pada 9 Maret 1948 oleh Tojuro Iijima yang memulai usahanya sebagai penyedia produk roti berkualitas tinggi pada era setelah Perang Dunia II, ketika Jepang masih mengalami krisis pangan yang berkepanjangan. Yamazaki Baking berkembang menjadi perusahaan yang modern dengan seiring kemajuan teknologi yang cukup pesat serta penggunaan berbagai peralatan dan sistem terbaik dari Eropa dan Amerika. Pada waktu yang bersamaan, Yamazaki mengenalkan roti dan produk lain dari berbagai belahan dunia ke masyarakat Jepang dan berkontribusi dalam meningkatkan gaya hidup dan pola makan penduduk Jepang. Hal itu yang kemudian membawa Yamazaki Baking sebagai roti No.1 di Jepang.

Selama lebih dari 60 tahun, Yamazaki Baking telah melebarkan bisnisnya secara signifikan dengan jumlah pegawai yang kini mencapai 18,000 orang dan 27 pabrik di Jepang. Kini, Yamazaki Baking memiliki jajaran produk yang berfokus pada roti tawar, roti manis dan asin, kue àla Jepang dan Western, berbagai pilihan hidangan siap saji, dan juga produk-produk seperti selai, makanan penutup, dan makanan instan. Setiap harinya, truk Yamazaki di Jepang melintasi 460.000 km atau kurang lebih 11 kali lipat keliling bumi per harinya demi menyediakan berbagai pilihan produk yang fresh dan telah melewati proses kontrol yang ketat kepada konsumen.

Setelah melebarkan sayapnya di 9 negara, termasuk diantaranya Hong Kong, Thailand, Taiwan, dan Amerika Serikat, kini Yamazaki hadir di Indonesia melalui merek MYROTI.

Yamazaki Indonesia berdiri sejak 2012 dan mempunyai pabrik di Delta Mas, Cikarang, Bekasi. Setelah mulai beroperasi sejak November 2014, Yamazaki Indonesia kini memiliki 270 pegawai dan area distribusi dari Jabodetabek hingga ke Bandung dengan total distribusi mencapai lebih dari 4,500 toko saat ini. Pada bulan April 2014, Yamazaki Indonesia berhasil mendapatkan sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Teknologi terkini dari Jepang, kontrol kualitas yang ketat, serta semangat kerja yang tinggi, adalah kunci utama Yamazaki Indonesia untuk membawa “Kualitas Jepang” dan “Kelezatan” melalui berbagai tipe roti, seperti Roti Tawar, Sandwich, Roti Sobek, Roll, dan masih banyak lagi.

Teknologi terkini dari Jepang, kontrol kualitas yang ketat, serta semangat kerja yang tinggi, adalah kunci utama Yamazaki Indonesia untuk membawa “Kualitas Jepang” dan “Kelezatan” melalui berbagai tipe roti, seperti Roti Tawar, Sandwich, Roti Sobek, Roll, dan masih banyak lagi.

Data Perusahaan (Per 31 Desember 2015)

Nama Perusahaan PT. Yamazaki Indonesia
Pabrik & Kantor Kawasan Industri Greenland Batavia Blok BA No. 1, Desa Sukamahi, Kec. Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi
Presiden Direktur Ichiro Saito
Didirikan pada February, 2012
Modal Disetor Rp 380,000,000,000
Jumlah Pegawai 270

 

Yamazaki Key Milestones:

  • 1948: Tojuro Iijima mendirikan Yamazaki Baking Co. in Ichikawa City, Chiba, Jepang
  • 1955: Yamazaki Baking Co. menjual roti tawar pertama di Jepang
  • 1977: Yamazaki bakery dibuka di Los Angeles
  • 1981: Yamazaki bakery dibuka di Hong Kong
  • 1984: Yamazaki bakery dibuka di Thailand
  • 1987: Yamazaki bakery dibuka di Taiwan
  • 1998: Yamazaki bakery dibuka di Malaysia
  • Feb. 2014: Yamazaki menancapkan fondasinya di Indonesia melalui kerjasama dengan Perusahaan Lokal sebagai partner, dengan nama PT. Yamazaki Indonesia.
  • Nov 2014: Yamazaki Indonesia secara resmi meluncurkan produk-produk roti dengan brand MYROTI ke pasar.

FOOD SAFETY

エアシャワー
  • Menerapkan quality control yang ketat untuk menjamin keamanan produk
  • Air shower sebelum memasuki line produksi

Bagi sebuah perusahaan makanan, kontrol kualitas sangatlah penting untuk melindungi  keamanan dari produknya, oleh karena itu, Divisi QA/QC di Yamazaki Indonesia bertanggung jawab atas pelatihan dan supervisi untuk keamanan dan kebersihan  makanan demi menjamin tingginya kualitas produk yang diihasilkan. Divisi QA/QC mencoba produk dan bahan, memeriksa label produk, menginspeksi kebersihan proses produksi, serta mengedukasi pegawai mengenai kesehatan. Selain itu, melalui aplikasi dari metode ilmiah, Divisi QA/QC juga bekerja untuk mempromosikan pembersihan, inspeksi, dan peningkatan kualitas fasilitas yang dimiliki, sekaligus menciptakan ukuran keamanan yang berfokus pada pencegahan kontaminasi. Yamazaki Indonesia menerapkan berbagai manajemen kesehatan dan keamanan demi menjaga kepercayaan konsumen.

Yamazaki Baking telah membuat roti selama lebih dari setengah abad dan memproduksi lebih dari 1000 jenis produk roti baru setiap tahunnya. Yamazaki Indonesia, sebagai anak perusahaan dari Yamazaki Baking, mewarisi kontrol kualitas yang ketat, teknologi mutakhir, serta semangat kewirausahaan demi memberikan konsumen berbagai varian produk berkualitas tinggi.

Yamazaki Indonesia mengerti bahwa pemahaman yang baik mengenai selera konsumen Indonesia sangatlah dibutuhkan demi terus memberikan konsumen berbagai rasa baru yang lezat. Pegawai Yamazaki selalu termotivasi untuk berpartisipasi untuk pengembangan produk baru dengan mengamati secara teliti kondisi pasar, serta mengenalkan berbagai bentuk inovasi untuk mencapai rasa-rasa baru yang menarik serta disukai oleh konsumen Indonesia.